Tuesday, January 15, 2013

HMP PLB UNS: Commemorated International Day of People with Disabilities

Source: lpmkentingan.com



International Day of Persons with Disabilities atau Hari Internasional Penyandang Cacat (3 Desember) merupakan peringatan internasional yang digagas oleh PBB dengan tujuan untuk memberikan wawasan masyarakat umum terhadap penyandang difabilitas.

Desember 2012 lalu, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Biasa Universitas Sebelas Maret bekerjasama dengan seluruh SLB Se Solo dan beberapa Komunitas Difable Se Solo ikut memperingati IDPwD dengan menyelenggarakan 3 acara dalam serangkaian kegiatan Pekan Hipenca.


Harapan penyelenggara, dengan diadakannya acara peringatan ini dapat menyadarkan masyarakat awam yang belum awas dan menambah keawasan masyarakat yang telah sadar  mengenai kaum difabel. Sadar akan pengembalian hak-hak mereka sebagai kaum yang setara dengan kaum normal, sehingga tidak dapat ditemukan lagi diskriminasi mobilitas, sarana prasarana umum, kehidupan sosial, ekonomi, dan politik.

Pekan Hipenca dimulai dengan Long March pada sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo, sekitar 300 anak berkebutuhan khusus dari SLB se Solo dan beberapa komunitas difabel Solo ikut beraksi dalam menyuarakan penghentian diskriminasi. Esok harinya dilanjutkan dengan Seminar Nasional "More Understanding Special Needs Children" dan acara terakhir yang merupakan acara puncak yaitu Pertunjukan Special Fest

No comments:

Post a Comment