Sunday, January 1, 2012

6th Opening Paragames 2011

Opening 6th ASEAN Paragames Surakarta 14 December 2011 digelar di Stadion Manahan Surakarta.
Photo source: wikipedia.org



Penampil pertama, Marching band UNS membuka gelaran ajang olahraga bergengsi bagi para difabel se seluruh Asia Tenggara ini dengan meriah.



Wakil presiden RI Bapak Boediono hadir secara resmi untuk membuka acara.
Kalimat favorit saya dari beliau yaitu:
"...we are not only attending a sport celebration but we also celebrating the human values..."
Ya, human values
Semua orang, termasuk para difabel ini juga memiliki nilai sebagai manusia. Tanpa memandang keterbatasan, strata, gender, usia, jenis kelamin, bangsa, negara, suku, ras dan agama, kita semua manusia yang pada hakikatnya memiliki nilai-nilai sebagai manusia, berjiwa sebagai manusia.


Photo taken by: writer


Next performance.
Ada WARNA sebagai grup band dan Joy Tobing bernanyi  memeriahkan gelaran olahraga ini.

Penyalaan obor olimpiade oleh Pak Sabar Gorky, beliau manusia luar biasa yang telah mengispirasi banak orang dengan aksi-aksinya yang sudah mendunia.


Photo taken by: writer


ASEAN PARAGAMES 

ASEAN Para Games (APG) adalah kompetisi olahraga dua tahunan khusus untuk atlet-atlet yang mengalami hambatan pada fisik yang diadakan setelah SEA Games. Even yang diikuti oleh 11 negara yang terletak di Asia Tenggara ini mengikuti konsep dari Paralimpiade.

APG dibawah pengawasan ASEAN Para Sports Federation (APSF). Tuan rumah penyelenggaraan ajang ini sama dengan negara penyelenggara SEA Games. APG untuk pertama kalinya diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia, 25-30 Oktober 2001. Tampil sebagai juara umum saat itu adalah Malaysia.

Namun, Thailand telah mencatat sejarah terbaik dengan empat kali berturut-turut sebagai juara umum. Masing-masing di Hanoi, Vietnam, pada 2003, Manila, Filipina (2005), Nakhon Ratchasima, Thailand (2008), dan Kuala Lumpur, Malaysia (2009).

APG dirancang sebagai sebuah kompetisi yang ramah dan kekeluargaan, menghubungkan dan menggerakkan ASEAN bersama-sama dalam kesatuan arah kesempatan yang sama dalam olahraga dan kehidupan.

APG merupakan salah satu dari “bendera persahabatan” APSF, untuk dikembangkan dan dipromosikan sebagai produk unggulan Olahraga Untuk Semua dan Keunggulan Olahraga, pertemuan tujuan-tujuan sosial, budaya, psikologis dan ekonomi. (paragames-2011.com)



ASEAN Para Games 2011, Tiket Gratis

Kesuksesan sebuah acara ditentukan oleh jumlah pengunjung yang menyaksikan acara tersebut. Pemerintah Kota Solo sangat tanggap mengenai hal ini selaku Panitia Daerah Pelaksana, publikasi gencar dimana-mana dan panitia juga membebaskan biaya masuk bagi tiap penonton yang membawa tiket.

Tiket oleh panitia telah disebar di setiap kelurahan di kota Solo ini. Bahkan, satu orang dapat mengantongi 2-3 tiket tergantung dari kelurahan tempat pengambilan tiket.

Hal ini bisa jadi dikarenakan Paragames yang ditujukan bagi penyandang difabel akan menguras pengunjung jika dibandingkan acara SEA GAMES yang sangat menyedot perhatian.


Sebagai masyarakat awam yang haus hiburan yang murah dan menyenangkan membuat seluruh warga Solo begitu antusias menonton gelaran ini.










No comments:

Post a Comment